Rabu, 22 Juli 2009

Pohon Dibabat, Dr Angka "Nggak Mesra" Lagi



Demi memperlebar jalan Dr Angka, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, 90 pohon peneduh yang sudah berusia lebih dari 20 tahun ditebang seluruhnya. Warga pun menyayangkan penebangan tersebut, karena pohon-pohon itulah Jalan Dr Angka selama ini dikenal sebagai jalan kemesraan.

Hervina (23) , warga Sokaraja mengaku, sedih dengan ditebangnya pohon-pohon peneduh di sepanjang Jalan Dr Angka. Karena hanya jalan itu lah yang masih memberikan keteduhan bagi pengguna jalan di Purwokerto.

"Karena teduhnya itu lah, Jalan Dr Angka sering disebut jalan kemesraan," katanya, Jumat (15/5).

Pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan itu juga mengaku was-was dengan proyek pelebaran jalan tersebut. Karena be lajar dari penataan alun-alun, kata seorang pedagang koran Jalan Dr Angka, Dwi (25), PKL tak pernah diserap aspirasinya. Pemerintah Kabupaten Banyumas malah bertindak sendiri menata alun-alun itu, dan selanjutnya PKL disingkirkan dari alun-alun.

"Saya cuma khawatir akan terjadi seperti itu. Sebab, sampai sekarang pun, PKL di Jalan Dr Angka ini tak pernah diajak bicara oleh pemkab. Apalagi diberitahukan, apa rencana pemerintah terhadap PKL setelah pelebaran jalan ini," katanya.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Banyumas, Mayangkoro mengatakan, penebangan pohon itu sudah dipikirkan secara seksama oleh Pemkab Banyumas. "Kami sudah memperhitungkannya secara matang," katanya.

Malah penebangan itu, lanjutnya, sudah direncanakan tiga tahun lalu, karena kebutuhan pelebaran Jalan Dr Angka semakin mendesak. Hal itu menyusul kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di Jalan Dr Angka setiap pagi sudah melampaui batas.

"Agar tidak terlalu padat lagi, Jalan Dr Angka ini harus dilebarkan. Arus lalu lintas pun akan lancar," katanya.

Pelebaran jalan itu akan memperlebar Jalan Dr Angka dari enam meter menjadi 12 meter. "Karenanya, taman jalan yang ditanami pepohonan peneduh dan jalur lambat yang ada di sisi kanan dan kiri jalan tersebut, harus dibongkar. Dengan dibongkar, Jalan Dr Angka akan lebih lebar," ucapnya.

Bersamaan dengan proyek pelebaran itu, katanya, Pemkab Banyumas akan menanam kembali pohon peneduh di sepanjang trotoar Jalan Dr Angka, sebanyak 120 pohon. Pelebaran jalan dan penanaman kembali pohon peneduh itu langsung dibiayai APBD Banyumas, sebesar Rp 1,5 miliar.

"Pohon peneduh tidak akan dihilangkan. Tetap akan kami tanam di sepanjang Jalan Dr Angka," katanya.

-kompas.com-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar